Assalamu'alaikum ^_^

Yuk kita perbanyak membaca buku dan mendengarkan kajian, Let's Fastabiqul khoirot !

Thursday, February 16, 2017

Muslimah Tangguh, Tonggak Kebangkitan Peradaban Dunia


Muslimah tangguh yang sangat dicintai oleh Allah, apa kabarnya hari ini? Setangguh cita-cita dan perannya kah? Semoga Allah senantiasa menaungi kita semua dalam limpahan keberkahan dan kasih sayang-Nya yang tak pernah terputus. Aamiin Ya Rabbal’alamin.

Pada kesempatan kali ini, izinkan kami berbagi tulisan yang berkaitan dengan judul di atas. Semoga, semakin banyak tulisan dan bahan bacaan, akan memperkaya wawasan kita sebagai muslimah berkualitas. Tahukah sahabat muslimah, perkembangan zaman yang semakin pesat melesat tanpa melirik tempat. Dampak positif dan negatifnya semakin nyata dan menuntut sahabat untuk mengeratkan sabuk semangat bersiap menjadi pemeran utama.

Pernah terbesitkah dalam pikiran sahabat muslimah, bagaimana meraup bekal menghadapi kondisi  dunia sekarang ini? Teknologi yang semakin canggih, fasion yang semakin dinamis, perekonomian yang semakin bergelora. Siapapun Anda, apapun peran Anda, jika Anda mempersiapkan amunisi untuk persoalan itu semua, maka Anda adalah seorang muslimah tangguh yang dibutuhkan oleh peradaban.

Tahapan apakah yang diperlukan untuk menjadi muslimah tangguh? Mari kita simak ulasan berikut;

Memahami bahaya virus materialisme
Di era modern ini, marerialisme sudah menjadi perihal dan konsumsi biasa dikalangan muslimah. Tentu tidak khusus bagi muslimah beriman. Materialisme adalah paham hidup yang dianut banyak manusia sejak zaman dahulu kala sampai hari ini. Materialisme dapat berbentuk atau berkedok ilmu pengetahuan. Contohnya, kaum materialis berkedok ilmu pengetahuan menafikan keberadaan Tuhan Pencipta alam semesta. Baik secara tersirat ataupun tidak. Selanjutnya, materialisme berbasis sosial ekonomi. Pada waktu yang bersamaan manusia menuhankan benda dan apa saja yang berbentuk materi, khususnya harta, benda, dan pangkat. Virus tersebut sudah sangat banyak menyerang muslimah dewasa ini. Menuhankan pekerjaan, popularitas, gadget dan sebagainya. Maka, dibutuhkan ilmu untuk mengetahui bahwa kita sebagai muslimah tangguh tidak terinfeksi virus tersebut.

Tingkatkan semangat menuntut ilmu dan lakukan sekarang juga
Setelah memahami jelas kondisi terkini terkait hiruk pikuk dunia dan isinya, sudah saatnya melepas istilah “katanya”. Kita harus mulai bergerak mencari kebenaran dengan sumber terpercaya. Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap manusia. Hal ini dikarenakan ilmu adalah hal yang akan menjadi landasan dalam beramal dan beribadah

Bangunlah budaya berpikir postif
Pola pikir positif, penuh rasa optimis dan yakin dengan kemantapan hati akan membawa dampak yang positif pada setiap aktivitas kita. Inilah bagian dari karakter pribadi unggul dengan memiliki budaya hidup positif. Ibnul Qayyim mengatakan bahwa himmah adalah hasrat yang membara untuk mengerjakan sesuatu. Semangat laksana seekor burung yang terbang melayang tinggi, ia tidak mau turun sebelum sampai pada tujuannya.

Tetap optimis melakukan yang terbaik
Ketika menghadapi masalah dalam hidup, reaksi yang paling sering muncul dalam merespon masalah adalah mengeluh. Ini adalah suatu reaksi yang sangat manusiawi dan alami. Manusia memang diciptakan oleh Allah dengan memiliki sifat suka mengeluh.

“Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh,” (QS. Al-Ma’arij [70]: 19).

Namun sesungguhnya kita memiliki dua pilihan. Terus menerus mengeluh dan kesal pada kejadian yang tidak diharapkan atau berusaha untuk mengambil pelajaran dari setiap masalah, mencari berbagai titik kelemahannya serta berusaha untuk bangkit dan mencari solusinya. Dan bukankah sebaik-baik mengeluh adalah mengeluh di hadapan Allah? Pilihan kedua adalah sikap yang ditunjukkan oleh muslimah yang selalu optimis dan melakukan hal yang terbaik.

Gunakanlah waktu dengan efektif dan efisien
Muslimah tangguh dituntut untuk pandai mengelola waktunya dengan baik sehingga waktu yang berlalu tidak sia-sia. Indikasi dari keberkahan waktu adalah dapat dilakukannya berbagai amalan yang positif untuk mengisi waktu. Perlu sahabat muslimah ketahui dan waspadai, banyak sekali hal yang menguras waktu dengan cepat dan tidak terasa karena kecanggihan teknologi. Muslimah juga dituntut untuk teratur dalam menjalankan setiap urusannya. Jika tidak, maka kita akan sangat merugi. Seperti yang tertera dalam (QS. Al-Asr [103]: 1-3)

“Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.”

Jagalah niat agar tetap ikhlas dan tanpa pamrih
Niat yang ikhlas hanya karena allah SWT semata akan melahirkan berbagai amalan positif dan produktif. Amalan yang tidak berharap mendapat imbalan dan pujian dari manusia lain.

Berusahalah untuk bermanfaat bagi orang lain
Sebaik-baik insan adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Maka sahabat muslimah, mari berdayakan diri dan gali potensimu untuk dapat menjadi ahli manfaat. Setiap kita pasti memiliki kelebihan tersendiri. Hal tersebut merupakan bekal yang telah Allah titipkan untuk dapat kita kembangkan.

“Nabi shalallahu’alaihi wa salam bersabda: Yang terbaik diantara kalian adalah mereka yang bermanfaat bagi umat” [HR. Bukhari]

Nah, sahabat muslimah, semoga kita dapat mengamalkan tahapan-tahapan tersebut untuk menjadi muslimah tangguh. Sehingga kita dapat menjadi tonggak kebangkitan peradaban islam di dunia. Siapapun kita, sebagai peran apapun kita saat ini, seorang pelajar, seorang ibu, seorang pekerja, kita adalah muslimah tangguh.

“Tekadku, semangatku, akhlakku, kesetiaanku, agamaku, dan kemuliaanku tidak akan pernah tua meski kepalaku sudah tampak tua bagiku, uban di kepala itu tidak sama seperti uban dalam cita-cita.” (Ibnu aqil rahimahullah)

Sumber:
Alqur’anul kariim
Munadi, Imam. 2007. Super Muslim. PT. Mizan Publika.
Ja’far, Fathuddin. 2007. Road to the Great Success.

Dikutip dari : Komunitas Ibu Peradaban Dunia (http://komunitasipd.org)

No comments:

Post a Comment