Assalamu'alaikum ^_^

Yuk kita perbanyak membaca buku dan mendengarkan kajian, Let's Fastabiqul khoirot !

Saturday, January 4, 2014

Diary #2 - Pondok ku Syurga ku

 

Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memlimpahkan begitu banyak nikmatnya kepada kita semua, sehingga kita dapat menikmati indahnya dunia ini, indahnya ciptaan Allah ini, sungguh kuasa Allah SWT yang tiada duanya. Laa khaulaa walaa kuwwata illa billah. Sangat berbahagia sekali pagi ini Ahad, 5 Januari 2014, ana diberikan kelonggaran untuk berbagi cerita kepada antum semua, dan kali ini ana ingin bercerita tentang persinggahan ana kedua di Kota Yogyakarta ini. 
             
Ya... Pondok Mahasiswa Al Madinah Nusantara. Sebuah pondok yang luar biasa, mulai dari namanya saja sudah cukup wow bagi saya  ^_^. Sedikit flash back, sebelumnya selama 2 tahun ana tinggal di sebuah asrama di Jogja, namun ana merasa tidak betah, entah mengapa... diri ini merasa haus akan ilmu, dan sangat menolak yang namanya bersantai santai, namun yang ana temui hampir setiap hari kegiatan yang cenderung berupa hiburan, dengan berbagai cara sudah ana tempuh, mulai menegur, memberi contoh, mendiamkan sampai akhirnya ana memutuskan untuk hijrah. 

Sunguh luar biasa, memang Al Qur'an itu Laa roibafiih, tidak ada keraguan didalamnya, dan Allah itu pasti benar janjinya, Allah telah berfirman ddidalam Qs. Muhammad ayat 7 yang artinya : 

" Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong agama Allah maka Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukan mu " 

dan didalam potongan hadits, Rosulullah SWT pernah bersabda :

" Man yuridillaahu yu faqqihu fiddin " yang artinya Barang siapa dikehendaki Allah padanya kebaikan, maka Allah akan memahamkan dien kepadanya. [Muttafaqqun 'alaih]

Kala itu Allah mempertemukan saya dengan seorang teman yang bernama Endri Geovani, awalnya bercerita tentang keberadaanya di Jogja, hingga akhirnya ana menanyakan tempat kostnya, dan dari situ, Endri mengkabarkan kepada ana kalau dia tinggal di Pondok yang bernama PMAN (Pondok Mahasiswa Al Madinah Nusantara), tidak terasa kita bercerita lama tentang seluk beluk pondok hingga kegiatan di pondok. Dari diskusi yang panjang itu ana mulai tertarik dan merasa ini kesempatan yang besar untuk mewujudkan salah satu mimpi ana tinggal di pondok, belajar islam dengan intensif. Akhirnya dengan segala perjuangan, mulai bertemu manager pondok, hingga test masuk, Allah memberikan banyak kemudahan. Dan akhirnya ana bisa diterima sebagai Mahasantri Pondok Al Madinah Nusantara. Potongan hadits diatas tadi menguatkan hati saya, jika Allah memang sudah menghendaki kita dalam kebaikan, maka Allah akan memberikan kita banyak kemudahan untuk istiqomah dalam kebaikan. Untuk itulah.. kita selalu berdoa, mohon untuk selalu diberi petunjuk, hidayah, inayah dan ketetapan hati dalam meniti jalan perjuangan ini.



Kembali lagi, jadi Pondok Mahasiswa Al Madinah Nusantara adalah sebuah pondok khusus mahasiswa yang dikelola oleh yayasan Al Madinah yang dipimpin oleh Ustadz Ridwan Hamidi Lc. Sedangkan Pondok Mahasiswa  ini dipimpin oleh Ustadz M. Agung Bramantya, M.Eng., Ph.D. beliau adalah Dosen Fakultas Teknik di UGM. Visi Pondok Mahasiswa Al Madinah Nusantara yaitu :

Melahirkan pemimpin dan kader dakwah dari kalangan Mahasiswa yang terstandar syar'i terasah intelektualitasnya, profesional, di bidangnya dan siap berkhidmat untuk Umat dan Bangsa.

Luar biasa bukan... ^^

Ya.. jadi Pondok ini sering sebut PMAN, lokasi PMAN di Jalan Sinduadi C3, Purwosari, Sleman, Jalan Kaliurang Km 6,3 (Barat Lapangan Kentungan). awal datang ke pondok ini sempat speechless, Subhanallah... ternyata di Jogja ada Pondok yang luas sekali ada taman, kolam dan MasyaAllah bersih dan rapi, ditambah lagi Masjid yang megah dengan menara yang tinggi menjulang. 








Pondok ini terdiri dari dua angkatan, dengan anggota sekitar 30 orang dengan beberapa Musyrif dan Ustadz Pengampu. Setiap Kamar diisi oleh satu orang. Luar biasanya lagi, satu kamar luas sekali, ukuran 4 x 3 meter, berkramik. Kegiatan di Pondok ini beragam, mulai dari belajar Kitab, Kitab Fiqih, Tauhid, Aqidah, Siroh, Tafsir kemudian ada Tahsin, Tahfidz. Disamping itu juga banyak kegiatan pengembangan softskill contohnya kemampuan IT denganadanya Tim Mujahid Cyber, kemudian Jurnalistik, TPA, Beladiri, olah raga futsal, renang. Kegiatan belajar mengajar  efektif pada waktu Ba'da Shubuh sampai pukul 06.00 WIB kemudian Ba'da Maghrib sampai pukul 21.00 WIB. dari mulai senin - sabtu.

Tak terasa memang, sudah 3 bulan ana tinggal di pondok ini, dan setiap hari ana selalu termotifasi untuk terus menjadi pribadi sholih. Karena, suasana di Pondok ini begitu kental sekali dengan fastabiqul khoirot, tawadhu' nya Subhanallah... terutama lagi semangatnya dalam menuntut ilmu. Lingkungan pondok yang masyaAllah begitu nyaman, indah, pokoknya... Sesuatu banget ^_^ Alhamdulillah...
Semoga nikmat yang telah Allah berikan ini, dapat senantiasa ana syukuri, dengan giat belajar di pondok ini dan berusaha untuk maksimal mengamalkan ilmu itu dalam kehidupan sehari hari dan mengajarkannya kepada umat. InsyaAllah.


No comments:

Post a Comment